Berita
25 Jul 2024 09:04:30
Admin
Projek penguatan profil pelajar pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Panacasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjumpai pengalaman untuk mendaptkan pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar berproses dan menghasilkan produk berkelanjutan.
Projek penguatan profil pelajar pancasila di SLB Kirana Hati Bunda diwujudkan sesuai dengan kebutuhan , kempuan peserta didik dan kondisi lingkungan dari masing-masing wilayah.
Projek penguatan profil pelajar pancasila yang dilakukan di SLB Kirana Hati Bunda disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan, karakteristik dan kebutuhan peserta didik dengan melibatkan seluruh peserta didik pada satuan pendidikan dan asesmen tujuan pembelajran dirancang pada awal tahun ajaran baru dalam satu bulan sampai minggu terakhir projek – projek apa yang akan dilaksanan.
ETAAN TEMA, DIMENSI, ELEMEN, SUB ELEMEN, ALOKASI WAKTU, PROJEK P5 SLB KIRANA HATI BUNDA
Pemetaan Proyek P5 Proyek Proyek 1 Proyek 2 Proyek 3
Tema
Kearifan Lokal
Kewirausahaan
Gaya Hidup Berkelanjutan
Topik
Teh Herbal Daun Mint
Bucket dan Celengan Kaleng Bekas
Berkebun Sayur di Sekolah
Dimensi
Bergotong Royong
1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia
2. Kreatif
Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia
Elemen
Kolaborasi
1. Akhlak kepada alam
2. Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil
Akhlak kepada alam
Sub Elemen
Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama
1. Menjaga lingkungan sekitar
2. Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil
Menjaga lingkungan sekitar
Perkembangan Fase
Aktif menyimak untuk memahami dan menganalisis informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang disampaikan oleh orang lain dan kelompok menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta menggunakan berbagai strategi komunikasi untuk menyelesaikan masalah guna mencapai berbagai tujuan
1. Mewujudkan rasa syukur dengan membangun kesadaran kepedulian lingkungan alam dengan menciptakan dengan mengimplementasikan solusi dari permasalahan lingkungan yang ada
2. Menghasilkan gagasan yang beragam untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya, menilai
Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut
18
gagasannya, serta memikirkan segala resikonya dengan mempertimbangkan banyak perspektif seperti etika dan nilai kemanusiaan ketika gagasan
Nilai
1. Kolaborasi
2. Sikap Terbuka
1. Berkeadaban
2. Dinamis dan Inovatif
1. Berkeadaban
2. Dinamis dan Inovatif
Sub Nilai
1. Kolaboratif
2. Sikap Terbuka
1. Kesalehan dan Berbudi Pekerti Mulia
2. Kreatif dan Inovatif
1. Kesalehan Sosial
2. Kreatif dan Inovatif
Indikator
Menerima, menghormati dan menghargai perbedaan
1. Menunjukkan sikap santun kepada siapapun, menghormati dan menghargai yang lebih tua serta menyayangi yang lebih muda
2. Berfikir sistematis, berani mengambil keputusan, serta mengembangkan gagasan baru yang berdaya saing untuk kemanfaatan yang lebih tinggi.
1. Menunjukkan sikap santun kepada siapapun, menghormati dan menghargai yang lebih tua serta menyayangi yang lebih muda.
2. Berfikir sistematis, berani mengambil keputusan, serta mengembangkan gagasan baru yang berdaya saing untuk kemanfaatan yang lebih tinggi.
Perkembangan Fase
Aktif menyimak untuk memahami dan menganalisis informasi, gagasan, emosi keterampilan dan keprihatinan yang disampaikan oleh orang lain dan kelompok menggunkan berbagai simbol dan media secara efektif, serta menggunakan berbagai strategi komunikasi untuk menyelesaikan
1. Mewujudkan rasa syukur dengan membangun kesadaran peduli lingkungan alam dengan menciptakan dan mengimplementasikan solusi dari permasalahan lingkungan yang ada.
2. Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitar dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut.
11 Juni 2024
Admin
05 Maret 2024
Admin
Managed By ABK Istimewa
@2022 - 2025